Rabu, 06 Juni 2018

Manfaat Pengapuran Tanah Dan Caranya.

Kenapa Tanah Pertanian Butuh Pengapuran?

Tanah menjadi faktor penting dalam budi daya tanaman. Selain sebagai media tanam, tanah juga menyuplai makanan dalam bentuk unsur hara.

Karena itu, untuk keberhasilan budi daya, petani ‘wajib’ hukumnya mengetahui kondisi tanah. Salah satu yang sangat penting adalah kadar keasaman tanah (pH).

Pemicu yang menyebabkan pH tanah rendah diantaranya adalah:

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan tercucinya unsur hara pada tanah, kemudian berimplikasi pada terbentuknya tanah asam.Adanya unsur Al (aluminium), Cu (tembaga) dan Fe (besi) yang berlebihan.Air yang tergenang secara terus menerus pada lahan karena tata air atau drainase yang tidak baik.Dekomposisi bahan organik yang mengeluarkan kalsium dari dalam tanah.Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Secara umum tanah dengan pH rendah merupakan tanah dengan kekurangan kalsium dan magnesium.

Cara sederhana mengetahui pH tanah di lahan apakah asam atau tidak, cukup dengan melihat apakah di lahan tersebut terdapat tumbuhan Melastoma malabathricum.

Jika tanaman tersebut tumbuh, maka mengindikasikan lahan tersebut memiliki pH tanah yang asam atau pH di bawah 7.

Cara berikutnya, menggunakan kunyit seukuran jempol tangan yang dipotong menjadi dua bagian.

Sampel tanah diambil dari keempat ujung titik lahan dan satu titik di tengah lahan. Kemudian diaduk secara merata dan dibasahi dengan air. Kunyit yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam tanah yang sudah dibasahi lebih kurang 30 menit.

Jika warna kunyit menjadi pudar, maka dapat dipastikan lahan tersebut memiliki kadar keasaman yang tinggi, pH di bawah 7. Jika warna kunyit tetap, pH tanahnya netral, mendekati 7. Sedangkan, jika warna kunyit menjadi biru, maka kadar keasaman tanah tersebut rendah, pH di atas 7.

Menggunakan kertas lakmus atau pH indikator, dengan mengambil sampel tanah dari empat titik dari empat sudut titik di lahan ditambah satu titik dari tengah lahan, kemudian dicampur rata.

Selanjutnya dicampur dan diaduk merata menggunakan air, dengan perbandingan 1:1. Dibiarkan selama 15 menit, sehingga air dan tanahnya mengendap dalam wadah gelas. Lalu ujung kertas lakmus dimasukkan selama 1 menit.

Usahakan jangan mengenai tanah. Setelah warna kertas lakmus stabil segera angkat. Lalu dicocokkan warna yang ada pada kertas lakmus dengan bagan warna.

Menggunakan pH meter, dengan memasukkan ujung alat pH meter pada keempat ujung titik lahan ditambah satu titik dari tengah lahan. Hasil yang diperoleh langsung dalam bentuk angka yang sudah dirata-ratakan. Skala keasaman tanah bisa dilihat secara langsung, sehingga mempermudah pemberian dosis dolomit atau kapur pada lahan.

Bagaimana cara memperbaiki tanah yang Asam?

Kaptan (kapur pertanian) atau dolomitpenting untuk diberikan pada saat olah tanah karena sebagian besar kondisi tanah atau lahan pertanian itu sendiri memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih asam karena berbagai faktor.

Apa Itu Kaptan?

Kaptan atau kapur pertanian, adalah kondisioner tanah untuk menurunkan derajat keasaman yang terbuat dari batuan kapur yang telah diolah atau dihancurkan terlebih dahulu menjadi debu atau kadang disebut juga kapur dolomit.

Ada tiga bentuk kapur pertanian (Kaptan) yang pada umumnya digunakan oleh petani untuk mengatasi masalah tanah asam, yaitu:

Kapur Tohor

yaitu jenis kapur yang pembuatannya melaui proses pembakaran. Kapur ini sering disebut dengan kapur prtanian. Secara ilmiah kapur ini disebut calsium oksida (CaO).

Kapur tembok.

Merupakan jenis kapur hasil pembakaran pada kapur tohor, yang kemudian ditambahkan dengan air yang dalam bahasa kimianya disebut calsium hidroksida.

Kapur karbonat.

Merupakan kapur yang bukan melaui proses pembakaran tetapi digiling langsung, kapur karbonat ini ada dua macam, yaitu kalsit dan dolomit. Untuk kapur kalsit mengandung kalsium oksida 47%, dan kalsium karbonatnya 85%. Sementara untuk dolomit mengandung kalsium oksida dan magnesium oksida 47% serta kalsium karbonat dan magnesium karbonatnya 85%.

Dari ketiga jenis di atas, dolomit dan kalsit lah yang banyak digunakan petani, sehingga keduanya lebih banyak dikenal sebagai kapur pertanian (Kaptan)

Meskipun penggunaan kapur pertanian dapat meningkatkan kesuburan serta mengurangi keasaman tanah juga efisiensi penggunaan pupuk. Namun sejauh ini masih banyak petani-petani di Indonesia yang masih belum mengetahui serta mengaplikasikan untuk lahan pertaniannya.

Berikut merupakan anjuran penggunaan kaptan yang sudah disesuaikan dengan pH tanah.

Untuk penambahan jumlah kapur dapat dilakukan dengan cara perhitungan:

Bila diketahui Ph tanah 4,5 sedang ph yang diinginkan adalah 6, maka 6-4,5=1,5. Kemudian dari tabel terlihat kebutuhan dolomit pada selisih ph 1,5 akan diperoleh pemberian kapur pertanian 5,23 Ton/ha. Penambahan selanjutnya dapat dilakukan lagi setelah 3-5 tahun.

Manfaat dan Kegunaan Kapur Pertanian :

Meningkatkan pH tanah menjadi netralMeningkatkan ketersedian unsur hara dalam tanah sehingga mudah diserap tanamanmenetralisir senyawa-senyawa beracun, baik organik maupun an-organikmeningkatkan populasi & aktivitas mikro organisme tanah yang sangat menguntungkan terhadap ketersediaan hara tanahMemacu pertumbuhan akar dan membentuk perakaran yang lebih baik sehingga penyerapan unsur hara menjadi optimalMenbuat tanaman lebih hijau dan segar serta mempercepat pertumbuhanMeningkatkan produksi dan mutu hasil panen

Referensi:

antakowisena.com

belajartani.com

kabartani.com

tabloidsinartani.com

JUAL KAPUR BAKAR, JUAL KAPUR TOHOR,JUAL TEPUNG KAPUR,JUAL KAPUR BUBUK,JUAL KAPUR AKTIF,JUAL KAPUR SIRIH,JUAL KAPUR PERTANIAN,JUAL KAPUR MATI,JUAL KAPUR PADALARANG,JUAL KAPUR SUKABUMI,HARGA KAPUR PER KG,JUAL  LIMESTONE, DISTRIBUTOR KAPUR, SUPPLIER KAPUR, PABRIK KAPUR, KAPUR TERMURAH DI INDONESIA, PRODUSEN KAPUR.

Jika Anda membutuhkan kapur silahkan hubungi :

Asep : 081281774186

            085793333234

            

Silahkan simpan nomor dan hubungi jika diperlukan. Terimakasih.


Kapur Aktif Atau Disebut Juga Dengan Gamping, Kapur Tohor, Burn Lime, Quick Lime, Pebble Lime Atau Juga Disebut Dengan Cao. Kapur Aktif Didapat Dari Hasil Kalsinasi Caco3 Pada Temperatur 900 C - 1300 C Di Dalam Kiln, Mengikuti Reaksi : Caco3 ------> Cao  +  Co2.


Kapur Aktif Yang Dihasilkan Memiliki Kadar Cao Diatas 90 % Pada Saat Kondisi Masih Bongkahan. Namun Begitu Digiling Maka Kadar Cao Turun Sampai Dengan Di Atas 80%.


Kapur Tohor Banyak Digunakan Di


Pengolahan LimbahIndustri GulaTambang EmasIndustri Batu Bata RinganIndustri KarbitIndustri BajaBahan Bangunan Dll.


 Produk Kami Tersedia Dalam Berbagai Ukuran :


- Bongkahan Atau Asal (All Size)


- Granular (Pebble Lime) : 0 - 4Mm, 2 - 12 Mm Dll.


- Powder : 100 Mesh / 200 Mesh / 400 Mesh.


Tersedia Dalam Kemasan :


- Curah


- 25 Kg


- @ 50 Kg


-  @ 500 Kg


- @ 1000 Kg


Info kapur aktif dan agro kimia lainnya, hubungi :

Asep 081281774186

          085793333234

          

Silahkan simpan nomor dan hubungi jika diperlukan. Terimakasih.



harga kaptan petrokimia gresik


harga kapur pertanian petrokimia


harga kapur pertanian 2017


kapur pertanian kebomas


pupuk kaptan petrokimia gresik


cara pemakaian kapur pertanian


harga kapur pertanian kebomas


pupuk kapur 

Jual Kapur sirih 

apotik jual kapur sirih

jual kapur sirih 

tempat jual kapur sirih 

harga kapur sirih di pasaran

jual kapur sirih 

harga kapur sirih 1 kg

kapur sirih di 

kapur sirih di 

tempat jual kalsium karbonat

jual kalsium karbonat 

daftar harga kalsium karbonat

harga kalsium karbonat per sak

harga kalsium karbonat per kg

supplier kalsium karbonat

dimana beli kalsium karbonat

jual calcium carbonate powder






6 komentar:

  1. Melayani pengiriman ke seluruh kota di Indonesia

    BalasHapus
  2. Tersedia kemasan karung plastik.
    Kemasan @25 Kg
    Kemasan @50 Kg

    BalasHapus
  3. Tersedia juga kemasan jumbo bag
    @500Kg
    @1000Kg

    BalasHapus
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus